Pages

Selasa, 23 Juni 2015

Studi Kasus Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran

1.       Permasalahan
Buatlah flowchart untuk menghitung luas dan keliling lingkaran! Panjang jari-jari dimasukkan oleh pengguna. Luas dan keliling lingkaran ditampilkan ke layar.
Contoh:
Masukkan panjang jari-jari 7
Luas lingkaran: 153.94
Keliling lingkaran : 43.98


2.       Cara Penyelesaian Masalah
Untuk  menghitung luas dan keliling lingkaran maka dibutuhkan data-data berupa radius lingkaran dan nilai konstanta π (kadang kala ditulis  PI). Secara matematis rumus menghitung luas dan keliling lingkaran adalah:
Luas lingkaran =  π * radius * radius
Keliling lingkaran = 2 * π * radius
Dalam kasus ini nilai π adalah sebuah  konstanta dalam matematika yang merupakan perbandingan keliling lingkaran dengan diameternya.Nilai π dalam 20 tempat desimal  adalah 3.14159265358979323846.
3.       Struktur Data Yang Dibutuhkan
  • PI sebagai konstanta yang didefinisikan bertipe data pecahan dan bernilai 3.14
  • Radius sebagai  variabel yang menampung panjang radius lingkaran yang didefinisikan             bertipe data pecahan
  • Luas sebagai variabel penampung hasil perhitungan luas lingkaran
  • Keliling sebagai variabel penampung hasil perhitungan luas lingkaran


Deklarasi dan Inisialisasi
PI didefinisikan sebagai konstanta dan diinisialisasi sebagai sebuah angka dengan 2 angka dibelakang koma (jumlah angka dibelakang komabersifat optional), sehingga PI bernilai 3.14. Variabel radius, luas dan keliling juga dideklarasikan bertipe pecahan. Karena bilangan yang dimasukkan oleh pengguna nilainya terserah pengguna (fleksibel) maka radius dideklarasikan sebagai variabel. Variabel luas dan  keliling dideklarasikan sebagai variabel karena nilai yang tersimpan didalamnya adalah hasilkalkulasi rumus luas dan keliling lingkaran yang nilainya dapat berubah tergantung dengan nilai radius yang dimasukkan oleh pengguna. Dari sini, deklarasi dan inisialisasi konstanta dan variabel  pada flowchart dapat dibuat sebagai berikut: 

4.       Input
Masukan yang diperlukan dalam permasalahan ini adalah b melambangkan panjang radius     lingkaran dan disimpan dalam variabel radius, sehingga input pada flowchart dapat dibuat sebagai berikut: 
5.       Output
Keluaran permasalahan ini adalah 2 buah nilai yaituluas dan keliling lingkaran,  sehingga output pada flowchart dapat dibuat sebagaiberikut: 

6.       Proses Penyelesaian
Terdapat dua buah kegiatan yang terjadi dalam proses dan dilakukan secara berurutan (sequences), yaitu perhitungan luas dan keliling lingkaran sesuai rumus yang telah  dideklarasikan sebelumnya. Dalam penulisan flowchart dua kegiatan ini bisa digabung seperti  berikut ini :
atau dipisah seperti berikut

7.       Flowchart Keseluruhan

0 komentar:

Posting Komentar